Blog tentang kehidupan seorang manusia bernama Andri Wicaksono hehehe:)

Kamis, 23 Maret 2017

Menambah Skill Pemrograman lewat Dicoding

Maret 23, 2017 Posted by Andri Wicaksono , , No comments
Sebagai seorang mahasiswa kurang lengkap jika hanya menerima pelajaran dari dosen saja. Kadang juga untung-untungan dapet dosen yang rajin atau suka absen. Makanya ilmu yang didapet kurang maksimal jika hanya mengandalkan dosen semata. Dengan teknologi informasi yang sudah semakin canggih, sebenarnya semua materi yang diajarkan dosen ada semua di internet, tinggal kita mau apa tidak untuk mencarinya.

Sebagai mahasiswa berbackground IT, saya sering mencari-cari inforamsi tentang teknologi informasi di dunia maya. Mulai dari lihat berbagai video tutorial di youtube, download game dan aplikasi yang berbau IT, nyari informasi terkini seputar teknologi, dan banyak hal lain. Salah satunya dan yang akan saya ceritakan disini adalah pengalaman saya mengikuti kursus online di Dicoding.
Apa itu dicoding? Jika mendengar kata tersebut pasti yang muncul  dibenak adalah coding. Ya, situs tersebut membuka beberapa kelas untuk mengasah skill koding serta mengajarkan kita tentang membangun suatu aplikasi dan game. Sampai saat ini ada tujuh kelas yang diajarkan di dicoding yaitu
  • -          Belajar Membangun Game TIZEN HTML5
  • -          Belajar Membangun Aplikasi Android Native
  • -          Belajar Membangun Aplikasi Android HTML5
  • -          Belajar Membangun Aplikasi Multi-platform
  • -          Belajar Membangun Aplikasi Android dengan IBM Bluemix
  • -          Belajar Membangun LINE ChatBot
  • -          Belajar Membangun Game Android HTML5

Dulu ketika pertama join, ada kelas lain yang dibuka selain yang saya sebutkan diatas, dan semua free serta mendapat sertifikat di akhir kelas (jika complete semua). Saat ini ada kelas yang gratis serta berbayar. Biasanya yang berbayar itu kita tetep bisa mengikuti materinya Cuma gak bisa dapet sertifikat serta project yang kalian buat selama kelas berlangsung tidak akan direvisi oleh tim dicoding. Tapi insyaallah ilmunya bermanfaat. Oiya, untuk kelas yang berbayar kamu bakal mendapat duitmu kembai (dalam bentuk poin) biasanya sebesar 200 poin jika berhasil menyelesaikan kelas tepat waktu. Nah poin in nanti bisa buat mengikuti kelas lain yang berbayar.

andri wicaksono dicoding


Gambar diatas adalah profil saya di dicoding. Bisa dilihat total saya telah menyelesaikan 8 kelas. Sekarang, ketika tulisan ini diketik, saya sedang on going menyelesaikan kelas ”Belajar Membangun Game TIZEN HTML5”. Tapi karena sibuk kuliah, kelas tersebut terbengkalai. Ya mungkin akan saya selesaikan pas liburan semester nanti.

Untuk sertifikat yang telah saya dapatkan bisa dilihat di “SertifikatDicoding”

Selama proses belajar di dicoding saya ditemani oleh laptop asus saya dengan spek yang jauh dibawah standar (untuk sekelas mahasiswa IT). Aplikasi yang dipakai selama mengikuti proses belajar disini pun adalah Android Studio, intelXDK, Construct2 dll yang memberatkan laptop saya. Tapi alhamdulillah dengan kesabaran tingkat tinggi akhirnya beberapa aplikasipun terbuild walaupun tidak dengan sempurna.

Oiya, jika ada kesulitan selama proses belajar, tim dicoding telah menyediakan tempat diskusi di masing-masing kelas dan insyaallah semua keluhan anda akan dijawab oleh tim. Tidak hanya itu, dicoding juga menyediakan fasilitas “Challenge” yaitu lomba yang ditujukan oleh semua orang. Lombanya itu biasanya tentang membuat aplikasi atau game. Dan nanti akan ada hadiah bagi para pemenang dan yang pasti saya belum mengikuti sama sekali challenge tersebut dikarenakan beberapa faktor. Ada juga informasi seputar event yang diselenggarakan oleh dicoding, dan pesertanya juga akan mendapat sertifikat kehadiran. Mantap
.

Saya berharap ada lebih banyak kelas yang dibuka biar tambah rame. Dan bagi kamu, iya kamu yang pengin join langsung saja visit www.dicoding.com. 

0 komentar:

Posting Komentar